Bahasa Indonesia  |   English (United Kingdom)
 

IR. FXL KESUMA, M.SC.
Presiden Komisaris

Warga Negara Indonesia, 58 tahun.

Memperoleh gelar Sarjana jurusan Teknik Sipil dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, pada Tahun 1988 dan gelar Master jurusan Sistem dan Teknik Jalan Raya dari Institut Teknologi Bandung pada 1991.

Menjabat sebagai Presiden Komisaris Perseroan sejak tahun 2019 berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Rapat Nomor 19 tertanggal 18 April 2019.

Dibuat di hadapan Bertha Suriati Ihalauw Halim, S.H., Notaris di Jakarta, yang kemudian ditegaskan kembali dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Nomor 11 tertanggal 15 Januari 2020 dibuat di hadapan Wiwik Condro S.H., Notaris di Jakarta.
 
Mengawali karir di Grup Astra sebagai Insinyur Senior PT Pamapersada Nusantara. Kemudian berlanjut pada tahun 1995 sampai tahun 1998 diangkat sebagai Kepala Insinyur di PT Pamapersada Nusantara. Kemudian menjalani profesi sebagai Project Manager untuk ISO 9001 Project di PT Pamapersada Nusantara pada tahun 1999 dan berlanjut sebagai Manajer Operasi di PT Pamapersada Nusantara pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2003. Pada tahun 2005, Beliau menjabat sebagai Kepala Divisi Operasi dan kemudian diangkat sebagai Direktur Teknik dan Operasi pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2016 di PT Pamapersada Nusantara. Kemudian, melanjutkan karir sebagai Direktur di PT United Tractors Tbk. pada tahun 2016 sampai tahun 2019. Lalu pada tahun 2008 sampai dengan 2019, Beliau pernah menjabat sebagai Komisaris di beberapa perusahaan, antara lain, PT Kalimantan Prima Persada, PT Kadya Caraka Mulia, PT Asmin Bara Bronang, PT Pama Indo Mining, PT Tuah Turangga Agung, PT Energi Prima Nusantara, PT Asmin Bara Jaan, PT Telen Orbit Prima, PT Sumbawa Jutaraya, PT Danusa Tambang Nusantara, PT Persada Tambang Mulia, PT Kaltim Prima Persada, PT Prima Multi Mineral, PT Agincourt Resources, dan Presiden Komisaris di PT Agincourt Resources.

Pada saat ini, selain menjabat sebagai Presiden Komisaris dan Anggota Komite Nominasi dan Remunerisasi Perseroan, Beliau juga menjabat sebagai Komisaris PT Karya Supra Perkasa, PT Tambang Karya Supra, PT Tambang Supra Perkasa, PT Unitra Persada Energia, PT Astra Tol Nusantara dan PT Astra Nusa Perdana. Selain itu, Beliau juga merupakan Presiden Komisaris di PT Acset Indonusa Tbk., PT Danusa Tambang Nusantara, PT Tuah Turangga Agung, PT Persada Tambang Mulia, PT Suprabari Mapanindo Mineral, PT Sumbawa Jutaraya, PT Agincourt Resources, PT Komatsu Astra Finance, dan Wakil Presiden Komisaris di PT Pama Indo Mining. Lebih lanjut, Beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Asmin Bara Bronang dan PT Asmin Bara Jaan.

Terlepas dari posisi Beliau sebagai anggota Dewan Komisaris, Beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Pamapersada Nusantara dan PT United Tractors Tbk. Selain itu, Beliau juga menjabat sebagai Direktur di UT Heavy Industry Pte. Ltd. dan PT Astra International Tbk.

Di tahun 2020, Beliau telah mengikuti Webinar Nasional “Industri Pembiayaan di Tengah Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) pada tanggal 28 Mei 2020.

​Beliau tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Anggota Dewan Komisaris lainnya, Direksi, dan pemegang saham.